Review Film Insya Allah Sah: Saat Rencana Menikah Kesandung Nazar

Mengangkat problema yang biasa dihadapi oleh wanita lajang kaum urban yang belum juga menikah walaupun hidupnya sudah mapan. Silvi yang judes dan galak diperankan secara apik oleh Titi Kamal. Silvi merupakan desainer yang cantik, karir cemerlang dan kaya tapi belum menikah juga, padahal Silvi sudah ngebet pengen dilamar oleh kekasihnya Dion (Rihard Kyle). Sampai kemudian Silvi dilamar oleh Dion, tapi anehnya, persiapan pernikahan tidak berjalan mulus seperti yang diharapkan oleh Silvi.

Diadaptasi dari novel best seller Achi TM, dengan judul yang sama, Insya Allah Sah, dan digarap oleh sutradara sekaligus penulis Benni Setiawan, yang pernah memenangkan piala Citra pada tahun 2010 untuk kategori Sutradara Terbaik di FFI 2010. Benni Setiawan yang sebelumnya membesut film Wa'alaikumsalam Paris dan Bangun Dong Lupus, kini semakin mendalami genre komedi romantis islami melalui film Insya Allah Sah, yang tayang lebaran ini sejak tanggal 25 Juni 2017 di bioskop.

Alhamdulillah, saya mendapatkan undangan menghadiri Gala Premier-nya di Metropole, pada tanggal 15 Juni 2017 kemarin dan wefie bareng dengan Achi TM, yang juga penulis skenario FTV dan sinetron. Ternyata ini novel ke-23, karya Achi TM, yang akhirnya diadaptasi menjadi film layar lebar.

(Dok. Pribadi)
Seperti film Wa'alaikumsalam Paris, film Insya Allah Sah tidak hanya menyajikan adegan komedi, tapi juga sarat dengan muatan agama. Tidak menyesal menonton film ini, selain bisa menertawakan kesialan-kesialan Silvi yang diramu dalam adegan-adegan kocak, kita juga melihat bagaimana Silvi, potret perempuan sosialita, bermetamorfosa menjadi muslimah yang baik.

Walaupun muatan tausiyah selalu dilontarkan oleh Raka (Panji Pragiwaksono), namun tidak terasa menggurui penonton, karena selain agamis Raka juga digambarkan sebagai tokoh yang konyol dan culun. Panji terbukti sangat piawai, mendalami aktingnya sebagai seorang pria yang polos, dan bertampang jauh dari ganteng. 

(Dok. Pribadi)
Film yang diproduseri oleh Manoj Punjabi, produksi MD Pictures ini, dibuka dengan adegan Silvi yang ditimpa kesialan berturut-turut saat akan dilamar oleh Dion. Sampai akhirnya Silvi terjebak berdua di lift dengan Raka. Walau akhirnya, Dion melamar Silvi saat selamat keluar dari lift.

Sejak saat itu Raka selalu mengikuti Silvi, dan mencampuri kehidupan Silvi termasuk persiapan menikahnya dengan Dion. Silvi muak dengan Raka dan menyalahkan Raka akan kesialan hidupnya yang tiada habis. Namun Raka tidak bosan memberikan nasihat agama, mengingatkan Silvi akan nazarnya saat terjebak di lift, yaitu menjadi muslimah yang baik.

Sampai akhirnya Silvi berfikir akan kebenaran nasihat Raka. Tapi bagaimana Silvi menghadapi Dion, bila harus merubah dirinya menjadi seorang muslimah yang baik? Karena selama ini Dion yang sedang keluar negeri, mengenal sosok Silvi sebagai wanita sosialita yang seksi.


Film Insya Allah Sah ini bertaburan aktor dan aktris papan atas, seperti Deddy Mizwar, Lydia Kandau, Prilly Latuconsina, dan lain-lain. Walau sayang, aktor dan aktris itu hanya muncul dalam satu atau beberapa adegan.

Dengar-dengar sih, nanti akan ada sekuelnya, amin, hehe.. Jadi bisa melihat akting mereka lagi, karena merasa ada beberapa adegan yang masih menggantung, seperti grup band De Bokis (Ferdy Taher, Joe P. Project, Budi Dalton, dan Budi Arab), yang sudah diberikan gamis oleh Raka dalam rangka promosi albumnya, tapi belum ada adegan mereka konser memakai gamis. Lalu adegan Prilly yang melotot di lift, tapi tidak ada kelanjutannya. Rasanya aneh, kalau artis sekelas Prilly cuma mendapatkan satu adegan, itu juga sebentar banget durasi adegannya.

Dalam film ini, Tanta Ginting yang pernah berperan dalam film Wa'alaikumsalam Paris, walau hanya berperan sebagai polisi, tapi mendapatkan porsi yang cukup lumayan mengundang tawa. Di tambah dengan Ira Maya Sopha yang menjadi asisten Dion, yang suka sekali bilang mau resign, tapi tidak resign-resign, hihihi.. Pas banget menggambarkan, pekerja kantoran yang capek dengan tekanan kerja, tapi resign-nya tidak pernah terealisasi. Sedangkan Donita berperan sebagai sahabat baik, yang menjadi tempat curahan hati Silvi.

Rihard Kyle pun berakting dengan bagus sebagai kekasih yang baik hati dan polos. Logat Richard yang masih kebule-bulean, maklum bule Australia, kadang kalimat yang keluar dari mulutnya terdengar lucu.

Secara keseluruhan menurut saya, film Insya Allah Sah ini, komedinya dapat, romantisnya dapat, islami-nya juga dapat. Lengkap banget.

Walaupun film Insya Allah Sah ini menggambarkan tentang kehidupan orang dewasa yang ingin menikah, tapi film ini tidak ada sedikit pun adegan 17 tahun keatas. Menurut saya, ini patut diapreasiasi, di saat banyak film yang mengumbar kemesraan, dan tidak layak ditonton oleh para remaja serta anak-anak. Apalagi sebagai salah satu film yang tayang di Lebaran, dimana anak-anak dan remaja suka diajak menonton di bioskop oleh orang tuanya. Jadi film ini termasuk aman untuk ditonton oleh keluarga. 

Saya melihat film ini mengajak para pasangan yang belum menikah, untuk segera menikah. Biar halal, kata Raka. Kalau kamu sebel masih digantung sama pacar, ajak aja nonton bareng keluarga besar, keluarga kamu ikut, keluarga pasangan juga ikut. Dijamin habis nonton pasti dilamar, hehe... Dan yang pasti, kita jadi tahu pernikahan yang islami itu seperti apa. Karena disinggung juga, tentang hari baik pernikahan yang sebenarnya tidak ada dalam Islam, dan juga pernikahan sebaiknya diadakan di masjid dibandingkan di gedung mewah, biar lebih berkah.

Yang mau nonton, bisa melihat jadwal tayang film Insya Allah Sah di bioskop dengan klik di sini. Sebelum datang ke bioskop, intip dulu keseruan film Insya Allah Sah dengan follow media sosialnya :
  • Instagram : @insyaallahsah 
  • Twitter : @InsyaAllahSah

Jadi tunggu apalagi? Mumpung film Insya Allah Sah masih tayang, buruan ke bioskop dan nonton. Pasti deh, selain bisa ketawa sepanjang film, juga dapat pencerahan agama.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

9 komentar

komentar
1 Juli 2017 13.54 delete

Asik, ada film komedi tapi ada unsur tausiah nya. Film asli bangat ini lucu dan kocak

Reply
avatar
1 Juli 2017 21.12 delete

Iya bener, aku juga ketawa terus, sayang kalau ngk sampai nonton. Dapat ilmu agama juga

Reply
avatar
1 Juli 2017 21.13 delete

Sama-sama say, semoga nonton ya, asli ngk bakal nyesel

Reply
avatar
2 Juli 2017 12.25 delete

Aku penasaran nih mau notnon film ini saat libur lebaran ini mba :)
Film komedi nya ok :)

Reply
avatar
2 Juli 2017 19.35 delete

Iya say, komedi religi nih, sayang kalau ngk nonton, lucuuuu

Reply
avatar
7 Juli 2017 15.11 delete

film yg sarat akan hiburan. pesan2 kebaikannya nyampe meski dengan cara yang berbeda
recomended bgt film ini

Reply
avatar
7 Juli 2017 15.28 delete

Samaaaa, komedi religi terbaik 2017 versi saya. Sayang kalau ngk nonton. Makasih udah mampir yaa

Reply
avatar
15 Juli 2017 20.00 delete

Wiiiihhh dari tulisan mbak Ovi sih ini film oke banget. Ada dakwahnya juga trus lucu2 adegannya ya. Bintang filmnya terkenal semua dan bekualitas. Belum sempat nonton nih heheee nice review mbak.

Reply
avatar

Terima kasih sudah berkomentar dengan baik dan sopan. Kalau sempat, akan saya BW balik. Senang bisa saling berbagi informasi dengan anda. EmoticonEmoticon