So Good Tumpeng Nasi Pandan Bakso

Biasanya di hari raya Idul Fitri, saya paling bingung menyajikan makanan untuk anak-anak. Seperti keluarga keturunan Sumatera Barat lainnya, hidangan Idul Fitri serba bersantan dan pedas seperti rendang, dendeng balado dan sayur ketupat. Untuk menu anak-anak selalu dihidangkan semur daging dan telur yang rasanya cenderung manis. Belum pernah mencoba menu lain yang sesuai selera anak-anak.

Padahal saya sekeluarga masih menumpang di rumah milik keluarga besar. Dimana hari pertama lebaran, selalu dikunjungi keluarga kakak dan keluarga adik yang ingin meminta maaf kepada Mama sebagai orang tua tunggal, sehingga rumah ramai dengan anak-anak.  Saya merasa makanan ramah anak sangat perlu dihidangkan, karena rata-rata keponakan dan anak saya, usianya di bawah 7 tahun, dan tidak suka masakan pedas bersantan. 

Saya berpikir untuk menghidangkan menu lain selain semur, sehingga anak-anak tidak bosan, setiap Idul Fitri selalu makan semur. Kalau anak-anak tidak mau makan, pelariannya suka menghabiskan kue-kue yang manis dan minum sirup, jadinya malah batuk. Aduh, malu kalau silaturahmi ke saudara malah pada batuk. Selain itu tidak sehat juga, karena tidak ada gizi yang masuk.

Saya ingin mencoba membuat nasi tumpeng, tapi versi anak-anak, yang enak dan bagus penampilannya. Kebetulan anak-anak pada doyan sosis, bakso dan nuget, tapi saya tidak mau sembarang membeli bahan makanan siap masak, harus yang halal. Nah, setahu saya, So Good sudah mendapatkan Sertifikat Halal 17010021920116 dari MUI dan berlaku sampai 27 Januari 2018, untuk lebih jelasnya, silahkan klik di sini. Saya menjadi ingin membuat Kreasi So Good Tumpeng Nasi Pandan Bakso  biar makannya pada lahap.

(Dok. Pribadi)

Dan saya suprise lho, sewaktu belanja di salah satu supermarket besar di Jakarta, ternyata So Good mempunyai varian nuget yang cukup banyak. Saya tahunya selama ini So Good hanya sekitar bakso dan nuget biasa, tidak tahunya ada So Good Dinobites Original yaitu nuget berbentuk dinosaurus dan So Good Chick'n Veggie yaitu nuget ayam campur sayuran. Wow.. Selain itu saya juga membeli So Good Bakso Goreng dan So Good Beef Sausage yaitu sosis sapi, supaya tumpengnya kelihatan ramai dan semakin enak di lidah anak-anak. Biar nggak kepo dengan produk bahan makanan siap masak So Good, saya sekarang jadi mulai suka mengintip website So Good.

(Dok. Pribadi)

Kalau tahu ada sosis, nuget, dan bakso di kulkas, si kakak, anak pertama yang berusia 5 tahun, pasti deh minta dimasakin terus. Sehingga So Good nggak bakal tahan lama di kulkas, apalagi nuget. Dan terbukti, So Good Chick'n Veggie yang saya beli, langsung habis oleh si kakak. Saya akhirnya belanja So Good Chick'n Veggie lagi, kedua struk saya tempel, jadi tercantum pembelian dua bungkus So Good Chick'n Veggie, hehe.. Di supermarket, selain membeli So Good Chick'n Veggie, saya malah tergoda membeli So Good Bakso Kuah. Rencananya bumbu baksonya bisa saya gunakan untuk menambah kelezatan nasi, karena saya malas membuat bumbu, wkwkwkw.., biar simpel.

(Dok. Pribadi)

Berikut Bahan-bahannya Dan Cara Membuat So Good Tumpeng Nasi Pandan Bakso

Bahan Nasi Tumpeng
  • Beras 3 cangkir
  • Daun salam 3 lembar
  • Batang sereh 2 buah(digeprek)
  • Garam 1 sdt
  • Santan instan 65 ml 1 buah
  • So Good Bakso Kuah(potong kecil-kecil)
  • Bumbu bakso kuah(secukupnya) 
  • Daun pandan 5 lembar  
(Dok. Pribadi)
Bahan Hiasan Tumpeng
  • So Good Bakso Goreng
  • So Good Chick'n Veggie
  • So Good Dinobites Original
  • So Good Beef Sausage
  • Tomat besar
  • Mentimun


(Dok. Pribadi)

Bahan Tambahan
  • Daun pisang yang dilemaskan di api kompor
  • Tomat besar
  • Mentimun
  • Tusuk gigi 

Cara Memasak Nasi Di Magic Com
  1. Cuci beras di wadah magic com dan masukkan daun salam, santan instant, garam, batang sereh. 
  2. Blender daun pandan bersama 500 ml air lalu saring. Air saringan dimasukkan ke dalam wadah magic com. Lalu dimasak bersama beras dan bahan nasi lainnya. Untuk air beras, kira-kira 2 ruas jari telunjuk. 
  3. Jangan lupa, untuk selalu mengaduk nasi setelah kurang lebih 10 menit, agar tidak lengket. 
  4. Setelah air mulai meletup, masukan potongan So Good Bakso Kuah, dan diaduk. Saat nasi matang, cek kelembutan nasi, bila masih keras, bisa ditambahkan lagi air dan dimasak lagi. 
  5. Saat nasi masih panas, buang batang sereh dan daun salam. Lalu  taburi nasi dengan bumbu So Good Bakso Kuah secukupnya, bisa juga ditambahkan bubuk cabe dan bawang kering yang ada di dalam bungkus So Good Bakso Kuah. Nasi diaduk sampai bumbu rata. 
  6. Nasi dicetak di loyang kue berbentuk love, ditekan dan dipas-kan di loyang. Setelah itu dibalik ke piring yang sudah dialasi daun pisang.
Cara Memasak dan Membuat Hiasan Tumpeng
  1. So Good Chick'n Veggie dan So Good Dinobites Original digoreng.
  2. So Good Beef Sausage dipotong 5 bagian, diatasnya dipotong horizontal dan vertikal agar saat digoreng membentuk bunga
  3. So Good Bakso Goreng  dipotong 4 bagian memanjang
  4. Tomat dipotong zig-zag mengikuti bulatan tomat, dibuang dalamnya
  5. Mentimun dipotong memanjang 4 bagian, dibuang dalamnya
Cara Menghias Tumpeng
  1. Potongan So Good Bakso Goreng dan So Good Beef Sausage ditaruh selang-seling di sekeliling pinggiran tumpeng dan di bawah pinggiran tumpeng.
  2. So Good Dinobites Original ditusuk dengan 1/2 tangkai tusuk gigi, lalu ditaruh di atas nasi secara acak
  3. So Good Chick'n Veggie ditaruh di antara  So Good Dinobites Original
  4. Tomat dan mentimun yang dipadukan, ditaruh di tengah tumpeng
(Dok. Pribadi)

Wah, si kakak makannya lahap. Mama juga doyan ternyata, ikutan makan nasi juga. Biar tambah seru makannya di halaman, di dekat tanaman, serasa lesehan. Alhamdulillah dengan menggunakan bahan makanan siap masak So Good, bisa membuat tumpeng yang simpel, tapi penampilannya keren dan tentu saja enak. Apalagi si kakak, senang banget sama dinosaurus dan malas makan sayur. Jadi bisa memberikan contoh ke si kakak,  dengan hiasan tumpeng menggunakan So Good Dinobites Original yang berdiri dan di sela-selanya ditaruh So Good Chick'n Veggie, seakan-akan dinosaurus sedang makan sayur. Biar si kakak juga mau makan sayur, seperti dinosaurus, hehe..



(Dok. Pribadi)

Berarti kapan pun pengen membuat makanan yang meriah serta enak, buat anak-anak di hari Idul Fitri dan hari biasa, Kreasi So Good Tumpeng Nasi Pandan Bakso menjadi salah satu andalan saya. So Good memang kreatif dalam berinovasi menciptakan bahan makanan siap masak baik untuk anak-anak dan keluarga. 

Oya, resep Kreasi So Good Tumpeng Nasi Pandan Bakso ini saya ikut sertakan dalam lomba Kreasi Masak Ramadhan & Idul Fitri ala SO GOOD. Ikutan lomba yuk, berkreasi dengan So Good, sekalian merasakan kelezatan bahan makanan siap masak So Good. Masih ada waktu sampai 23 Juli 2017 nih! Semangat!


(Dok. Instagram @bloggerperempuan)

Jangan lupa, biar lebih mengenal produk-produk So Good, resep-resep So Good, tips memasak, dan info seputar So Good, follow yuk media sosial So Good :

SO GOOD IS VERY GOOD

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

11 komentar

komentar
19 Juli 2017 14.07 delete

asyik juga ya makan nasi tumpeng dgn lauk dari so good :)

Reply
avatar
19 Juli 2017 16.19 delete

Iya, hehe gampang dan cepat. Nggak perlu susah payah masak lauknya..:p

Reply
avatar
20 Juli 2017 10.40 delete

Waaahhh mbak Ovi kreatif banget nih enak pastinya nasi tumpeng dikreasikan sama produk so good. Lengkap ada struk pembeliannya pula. Semoga menang yach.

Reply
avatar
20 Juli 2017 15.56 delete

Hihi, yang pasti cepat n simpel mba. Amin yra. Sama2 mendoakan, semoga menang juga ya..:p

Reply
avatar
20 Juli 2017 17.59 delete

Ya Allah, mbak. Rajin banget, sih, masih sempat bikin nasi kuning segala. Tapi berkat so good, semua jadi mudah ya 😊

Reply
avatar
20 Juli 2017 20.40 delete

Malu dikomen sama pakar masak, hehe.. iya mba, karena bingung bikin masakan yang enak buat anak-anak, jadi kepikiran bikin yang gampang dari bahan siap masak so good

Reply
avatar
20 Juli 2017 20.44 delete

Malu dikomen sama pakar masak, hehe.. iya mba, karena bingung bikin masakan yang enak buat anak-anak, jadi kepikiran bikin yang gampang dari bahan siap masak so good

Reply
avatar
23 Juli 2017 10.01 delete

Wow banyak sekali sediaan sogoodnya...
kalau bentuknya menggoda yg tadinya gak minat bisa jadi minat ya mba. Itu makan bareng di luar seger lho suasana, bikin akrab kalau buat saya

Reply
avatar
23 Juli 2017 10.58 delete

Ini karena ngk pinter masak, jadi makai banyak So Good biar enak dan tampilannya enak buat anak-anak. Iya, bisa buat lesehan di luar, biar makannya tambah lahap. Makasih ya komennya

Reply
avatar
24 Juli 2017 11.08 delete

wow tumpengnya cantik. pasti so good rasanya

Reply
avatar
24 Juli 2017 11.11 delete

Iya pakai So Good rasanya so gooodd.., hehe. Makasih ya

Reply
avatar

Terima kasih sudah berkomentar dengan baik dan sopan. Kalau sempat, akan saya BW balik. Senang bisa saling berbagi informasi dengan anda. EmoticonEmoticon