(BLOG GIIAS) Safety Car Untuk Menghindari Kecelakaan

Sebagai tipe penumpang yang takut belajar mengendarai mobil, kalau diajak teman atau keluarga liburan di Puncak Bogor, saya selalu merasa khawatir dengan kondisi jalanan yang menanjak. Apalagi suka ada berita kecelakaan mobil beruntun di jalanan menanjak, karena rem bus atau rem truknya blong, yang memakan banyak korban jiwa. Saya menjadi ketakutan sendiri. Alhasil saya menghindari ajakan untuk berlibur di Puncak. Lebih baik berlibur ke daerah yang jalanannya mendatar, yang jalanannya tidak menanjak. Terasa lebih aman.

Ditambah lagi, saya termasuk orang yang suka mengkhayal, suka membayangkan bagaimana histerisnya para korban saat melihat ada bus yang melesat turun dengan kencang dan akan menabrak mobilnya. Waktu per sekian detik yang kemudian merenggut nyawanya. Memang semua sudah menjadi takdir dari Yang Maha Kuasa, tapi mengapa tidak ada hal yang bisa mereka lakukan agar selamat dari kecelakaan?

Andaikan suatu hari  nanti diproduksi mobil dengan standar keselamatan tinggi, untuk menghindari mobil-mobil yang akan menabraknya, sehingga angka kecelakaan dapat ditekan seminimal mungkin. Mengendarai mobil dengan mengajak keluarga tidak akan merasa cemas, apalagi di jalanan menanjak yang licin karena hujan, serta dalam kondisi ramai lalu lintas.

Teknologi canggih masa depan diperlukan di mobil dalam menjamin keamanan dan keselamatan pengendara serta penumpang. Apalagi bila mobil tersebut dijadikan mobil keluarga, yang mengangkut seluruh anggota keluarga. Sebagai seorang perempuan yang tidak paham dunia otomotif, saya memimpikan Safety Car dengan sistem keamanan dan keselamatan bagi orang yang ada di dalam mobil.
  
Lalu seperti apakah teknologi yang sebaiknya ada di Safety Car seperti yang saya impikan?

  • Alat Pelontar Bangku Mobil Dan Parasut Bangku Mobil

Alat pelontar yang berada di bawah bangku ini, bisa melontarkan bangku penumpang keluar jauh dari mobil.  Dilengkapi dengan parasut di bangku mobil, sehingga penumpang bisa menentukan akan mendarat di tempat yang aman. Bila hanya melontarkan bangku ke udara, dikhawatirkan penumpang mendarat di tempat yang masih berisiko mengancam keselamatannya, seperti di jalanan yang ramai lalu lalang mobil. 

(Dok. Ade Buhari)

Cara kerjanya

Bila terjadi kecelakaan dalam sepersekian detik, penumpang dapat menekan tombol merah di tengah-tengah kedua bangku depan, yang akan membuka atap mobil secara otomatis, dan  melontarkan bangku yang diduduki penumpang ke atas, sehingga keluar dari mobil. Saat melayang, penumpang dapat menekan tombol lain di bangku, sehingga parasut  terbuka dan bisa diatur mau mendarat di mana. 

(Dok. Ade Buhari)

  • Sistim Radar Keselamatan Otomatis

Sistim radar otomatis mobil terpasang di seluruh sisi mobil, dari sisi depan, sisi belakang, sisi kanan dan sisi kiri, sisi atas. Mobil merespon otomatis untuk menjauh dari kendaraan apapun yang akan menabraknya dan pejalan kaki, sehingga mobil berada di radius yang aman.  

Untuk Sistim Radar Keselamatan Otomatis ini sudah terwujud, dengan sedikit perbedaan. Seperti salah satu fitur anti tabrakan yang terdapat di mobil Honda, yaitu Pedestrian Collision Mitigation Steering, yang memakai radar serta kamera agar dapat mendeteksi pejalan kaki & garis batas di sisi jalan. Dan juga Collision Warning yang membantu mobil menghindari tabrakan dengan sistim radar di mobil Mercedes E-kelas dan juga Ford Taurus 2010.

(Dok. Ade Buhari)


Cara Kerjanya

Sistim Radar Keselamatan Otomatis ini sudah berada di mobil, dan akan berfungsi selama mesin mobil hidup dan dijalankan. Pengendara dan penumpang tidak merasa khawatir kalau tiba-tiba muncul kendaraan yang melesat kencang ke arah mobilnya.

  • Air Bag Di Seluruh Sisi Mobil

Ada juga Air Bag yang muncul melindungi seluruh badan mobil. Bila ada mobil yang akan menabraknya dari depan, maka Air Bag akan muncul di depan. Dengan adanya Air Bag, maka mobil lain yang akan menabrak akan berbenturan dengan Air Bag tersebut, sehingga mengurangi resiko benturan mobil secara langsung.

(Dok. Ade Buhari)


Cara Kerjanya

Bila Sistim Radar Keselamatan Otomatis tidak berfungsi dengan maksimal karena jalanan yang macet, maka Air Bag akan segera otomatis muncul melindungi mobil. Air Bag akan muncul dalam jarak satu meter, bila akan ada kendaraan lain yang mau menabrak mobil.

  • Ban Mobil Yang Membesar

Ban yang bisa berubah menjadi besar, sehingga bodi mobil naik, dan mengurangi dampak kerusakan mobil, bila tertabrak kendaraan lain. Selain itu juga bisa untuk melewati banjir di jalanan, sehingga mesin mobil tidak mati terkena air banjir.

(Dok. Ade Buhari)


Cara Kerjanya

Ada tombol di dashboard untuk dipencet oleh pengemudi sehingga ban mobil membesar dan badan mobil naik, sehingga resiko kerusakan karena tabrakan dapat diminimalisir.
Bila saja Safety Car ini sebagai konsep mobil masa depan, diproduksi dan dipamerkan kehebatan teknologinya di pameran mobil, pasti akan ramai pembeli, karena saat ini banyak bahaya kecelakaan mengancam di jalanan. Pembeli memerlukan rasa aman saat mengendarai dan berada di mobil. 

Seperti pameran otomotif terbesar di Indonesia, GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, pada penyelenggaraan ke-25 ini, yang mengusung tema "Rise of The Future Mobility yang diadakan pada tanggal 10-20 Agustus 2017 di Indonesia Convention Exhibition, BSD.



Pada GIIAS 2017 kali ini, mobil-mobil berkonsep masa depan akan dipamerkan, sesuai dengan tema "Rise of The Future Mobility." Mobil-mobil ini menggunakan teknologi terkini yang diharapkan dapat menjadi pilihan masyarakat dalam membeli mobil.

Tidak ketinggalan PT. Nissan Motor Indonesia, yang akan memamerkan Nissan BladeGlider sebagai Intelligent  Mobility, dan Nissan e-POWER, yang merupakan mobil listrik. Selain Nissan, mobil-mobil merek lain seperti Hyundai, Suzuki, Mitsubishi dan lain-lain juga akan turut meramaikan GIIAS 2017.

Jadi nggak sabaran kan untuk melihat deretan mobil-mobil dengan teknologi sesuai impianmu, yang akan tampil di GIIAS 2017? Apalagi kalau kamu mau membeli mobil, mendingan berkunjung ke GIIAS 2017 dulu, untuk punya mobil kekinian yang pas dengan gayamu. 






Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

24 komentar

komentar
10 Agustus 2017 11.43 delete

Setuju,safety itu yg utama dalam berkendara. Secanggih apapun mobilnya tetap hrs cek dan ricek kondisi kendaraan sblm berangkat. Aah jd pengen juga liat mobil2 terbaru di GIIAS nanti.

Reply
avatar
10 Agustus 2017 11.55 delete

Asikk GIIAS ada lagi bisa lihat pameran mobil-mobil terbaru nih

Reply
avatar
10 Agustus 2017 12.54 delete

salah satu syarat membeli mobil mesti cek fasilitas keselamatannya, karna biar kita naik mobil aman dan nyaman

Reply
avatar
10 Agustus 2017 16.37 delete

Memilih mobil yg klop agak susah, apa lg untuk keluarga harus extra pelindunganya... Bisa buat rekomendasi nih

Reply
avatar
10 Agustus 2017 17.06 delete

Iya say, safety nomor 1. Hayukkk datang ke GIiAS

Reply
avatar
10 Agustus 2017 17.07 delete

Pastinya mobil keren-keren dan berkonsep masa depan. Hati-hati, ntar pengen beli mobil lhoo.. hehe

Reply
avatar
10 Agustus 2017 17.08 delete

Bener, cek dan ricek, apalagi kalau bawa keluarga

Reply
avatar
10 Agustus 2017 17.09 delete

Keluarga nomor 1 ya, semoga bisa dapat mobil yang ekstra perlindungan untuk keluarga

Reply
avatar
10 Agustus 2017 19.16 delete

woww jadi berapa ratus juta harga mobilnya.. krn untuk teknologi canggih ini sepertinya bkn untuk mobil murah meriah yg banyak di jalanan kita skrg ini ya bun..

mestilah jg mobil yg brand eropa kayaknya

Reply
avatar
10 Agustus 2017 21.14 delete

Safety car itu point utama dalam berkendara ya bun, makasih sharingnya bermanfaat banget untuk aku yg punya mobilitas tinggi 😁

Reply
avatar
13 Agustus 2017 06.39 delete

aye..aye yang lagi seliweran di IG kuh. Yang tadinya nggak mau baca apapun tentang mobil2an (takut mupeng) akhirnya baca2 juga dan rugi deh karena ternyata informatif sekali

Reply
avatar
13 Agustus 2017 13.21 delete

Mobilnya belum diproduksi bun, baru mimpi saya saja, hehe. Baru yang pakai sistim radar, sudah diproduksi tapi nggak tahu berapa harganya.

Reply
avatar
13 Agustus 2017 13.23 delete

Iya mba, apalagi yang mobilitas tinggi, harus benar-benar safety

Reply
avatar
13 Agustus 2017 13.26 delete

Hehe, alhamdulillah kalau bermanfaat mba. Emak-emak pengennya aman semua termasuk naik mobil..:p

Reply
avatar
23 Agustus 2017 09.08 delete

penting menggunakan safety car untuk menghindari kecelakaan lalu lintas dijalan

Reply
avatar
23 Agustus 2017 09.10 delete

berkendara menggunakan safety car memang wajib , mencegah kejadian yang tidak diinginkan

Reply
avatar
23 Agustus 2017 09.13 delete

Dari semua teknologi mobil itu, kayaknya cuma ban membesar aja yang belum kesampaian ya.

Reply
avatar
23 Agustus 2017 09.14 delete

tenang, para pengembang sedang mengembangkan smart car.

Reply
avatar
23 Agustus 2017 09.29 delete

wi kren tu bisa memudakan kita yang sering berpergian jau

Reply
avatar
23 Agustus 2017 09.33 delete

Iya bener mas, andaikan diproduksi ya mobilnya. Amin

Reply
avatar
23 Agustus 2017 09.33 delete

Bener, semoga lebih banyak safety car diproduksi ya

Reply
avatar
23 Agustus 2017 10.22 delete

klo sdah punya mobil nanti ane pasang deh :v. tx infonya ya

Reply
avatar
23 Agustus 2017 11.01 delete

sangat bermanfaat ekali gan buat pengendara mobil, thank ya gan.

Reply
avatar

Terima kasih sudah berkomentar dengan baik dan sopan. Kalau sempat, akan saya BW balik. Senang bisa saling berbagi informasi dengan anda. EmoticonEmoticon