Motor Awet Dan Kinerja Optimal Menggunakan Federal Matic 2X Revolusi Dingin

Saya memang bukan termasuk orang yang pintar mengemudi, baik itu motor ataupun mobil. Alasannya? Entahlah, karena takut mungkin. Tapi karena keseringan naik motor Honda Beat suami dan motor ojek online, saya bisa merasakan perbedaannya rasa motor saat berjalan. Pernah suatu hari saya komplain ke suami karena motornya bunyinya tidak enak, seperti suara kaleng. Belum lagi jalannya juga tersendat-sendat, ngik.. ngik.. seperti orang bengek. "Yah, kok motor ayah jadi gini sih?" Tanya saya ke suami saat diboncengin motor. Suami jawab santai, "Maklum bu, motor tua, minta diganti." 

Saya manyun mendengarnya. Memang sih, motor kami itu usianya sudah 6(enam) tahun sesuai dengan usia pernikahan. Dulu sewaktu menikah dengan saya, suami motornya juga sudah lama usianya, sekitar 7(tujuh) tahun. Karena waktu itu sama-sama bekerja kantoran, saya malu diantar dan dijemput sama motor tua setiap pulang kantor, dan meminta suami menjual motornya. Toh, nanti saya juga bisa bantuin bayar bulanannya. Tapi sekarang saya sudah tidak bekerja, hanya freelancer sebagai blogger, kalau meminta suami menjual motornya dan mengganti dengan motor yang baru, sepertinya belum sanggup. Apalalgi sekarang anak sudah 2(dua), serta anak pertama, Erin(5 thn), sudah bersekolah di TK Islam. Anak kedua, Raif(22 bulan), masih aman, belum terlalu butuh biaya. Namun nggak bohong biaya hidup lebih tinggi, dibandingkan saat baru menikah.

Saya menjadi kepikiran, memangnya tidak ada alternatif selain beli motor baru? "Yah, mungkin motornya perlu diservis lagi?" Suami tersenyum, "Ini juga baru servis kemarin." Saya tidak mau kalah, "Mungkin olinya harus diganti?" Suami menggeleng. "Kan ayah selalu ganti oli motor, sebulan sekali." Aduh saya KO deh kalau begini. Apa memang harus beli motor baru? Bisa-bisa uang bulanan untuk belanja berkurang buat bayar cicilan motor. Pusing kepala kalau udah begini.

Kebetulan di dekat rumah kami, ada bengkel motor, namanya Bengkel Aini. Setiap Erin ke sekolah, pasti lewat bengkel tersebut, begitu juga kalau saya mau ke pasar. Saya kadang menengok ke bengkel tersebut, dan melihat jejeran oli yang dipajang. 



Saya berpikir mungkin suami mau mencoba oli baru selain oli langganannya, bila saya yang beliin. Siapa tahu motornya menjadi halus jalannya. Jujur saya capek juga kalau dibonceng naik motor jalannya ngik.. ngik, sambil memegang dua anak kanan kiri, yang kadang suka ketiduran di jalan, karena kena angin. Seperti biasa suami menolak, "Ayah biasanya beli oli langganan ayah, itu juga di bengkel bagus." Tapi saya tetap ngotot, alhasil suami mengalah. Ini namanya the power of emak-emak.

Di Bengkel Aini dijual berbagai macam merek Oli Motor. Saya memilih Federal Oil yang mereknya sudah familiar di telinga. Pemilik bengkel memberikan saya Federal Matic, yang katanya merupakan Oli Motor Matic.



Saya baru tahu ternyata mengganti oli itu ada triknya, sehingga oli lama yang kotor bisa keluar semua dan digantikan oleh oli baru. Berikut tips mengganti oli bila ingin dilakukan sendiri:
  1. Jangan lupa juga sediakan corong buatan dan wadah penampung sisa oli motor yang lama.
  2. Goyang-goyangkan motor, sehingga sisa oli yang kotor bisa keluar semua
A post shared by Ovy Yanti (@ovy.yanti) on
 
Setelah oli motor diganti, karena weekend, kami sekeluarga lalu jalan-jalan menggunakan motor. Memang terasa bedanya, jalannya halus dan suara motor pun lebih senyap. Surprise banget. "Tuh, kan yah, motornya jadi enak." Suami ketawa,"Oli itu di motor kan ibarat darah di tubuh manusia. Jadi ganti oli, motornya dapat darah baru, jadi enak." Saya menyarankan suami untuk menggunakan Federal Matic, nggak usah oli langganannya, buktinya motor menjadi lebih enak. Setidaknya motor masih dipakai bertahun-tahun ke depan, sampai nanti ada rejeki, baru ganti motor. Amin.
 
Sebenarnya saya masih penasaran benarkah Federal Matic yang cocok untuk motor Honda Beat? Saya lalu membuka website Federal Oil. Ternyata setelah membuka websitenya, kita bisa mengetahui merek oli yang kita inginkan dengan :

  1. Mencantumkan jenis motor, jawaban saya matic
  2. Mencantumkan merek motor, jawaban saya Honda
  3. Mencantumkan tipe Honda, jawaban saya Beat 
  4. Akhirnya keluarlah gambar Federal Matic
Saya juga baru tahu kalau Federal Matic 2x Revolusi Dingin, dengan dua keunggulan produknya, yaitu dengan Active Moly, yang menjaga suhu mesin tetap dingin dan Double ACT Cleaner yang membersihkan kotoran semua komponen, sehingga mesin tidak cepat panas. Biasanya kalau mesin motor panas, jalannya motor bakal seperti Honda Beat punya kami yang jalannya seperti tersendat-sendat, dan suaranya berisik seperti kaleng. Setelah memakai Federal Matic, alhamdulillah jalannya lebih halus dan kencang, ditambah lagi suara motor senyap.




Saya pikir, walaupun belum bisa belajar motor, tapi istri memang harus tahu tentang motor minimal oli motor suami, karena berpengaruh pada saya juga yang dibonceng bila kinerja motornya jelek. Suami memang tipenya cuek, apalagi selalu bawa setiap hari ke kantor sehingga tidak merasa kalau motornya ada masalah. Sedangkan saya biarpun cuma dibonceng, tapi sudah mencoba dibonceng berbagai motor, sehingga sensitif kalau ada masalah di motor.

Oya, karena kebetulan suami juga mendapatkan undangan menghadiri Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di ICE BSD, saya meminta ikut bersama anak-anak. Iseng di perjalanan, saya googling mencari tahu apakah ada stand Federal Oil di GIIAS, eh ternyata memang ada booth Federal Oil. Setelah saya bisa menitipkan Raif pada suami. Saya bersemangat mengunjungi Federal Oil bersama Erin. Namun saya mencari keliling dan tidak ketemu. Mencari di peta GIIAS pun tidak ketemu. Ada yang menyarankan di Hall 3A, karena di situ ikut serta spare part, tapi tidak ketemu, sampai akhirnya Erin yang kelelahan saya sarankan duduk sebentar di Kids Area. 





Akhirnya setelah googling dan membaca artikel MPM Group dan MPM Lubricants Buka Enam Booth Di GIIAS, saya baru mengetahui kalau ternyata Federail Oil itu berada di stand MPM, yang gabungan Federal Oil dan Federal Mobil. Katanya stand MPM ada 6 booth, salah satunya di Food Truck depan pintu Hall 6, tempat suami dan Raif menunggu. Sayang saat sampai di stand MPM Food Truck depan pintu Hall 6, ternyata tidak ada produk Federal yang dipajang. Panitia stand MPM mengatakan untuk melihat produk Federal, bisa di Hall 2. Selain itu di sana ada permainan juga untuk mendapatkan berbagai hadiah dari Federal. Saya mau balik ke Hall 2, suami sudah minta pulang karena takut kesorean. Yah sudahlah mau bagaimana lagi, saya masih bisa belajar tentang produk knowledgenya Federal Matic dari website Federal Oil. Padahal dalam hati masih pengen ke Hall 2, tapi apa daya mengikuti suami, karena memang datang ke GIIAS saat weekdays, sehingga terancam macet di jalan kalau pulangnya kesorean.


Saya tidak tahu apakah oli motor itu cocok-cocokan atau tidak pada motor. Tapi alhamdulillah, selama sebulan ini, Federal Matic terbukti membuat kinerja motor Honda Beat suami menjadi lebih baik. Saya menjadi yakin Federal Matic merupakan Oli Motor Terbaik.  Dengan menggunakan Federal Matic seterusnya, saya berharap motor Honda Beat suami menjadi 2x Lebih Efektif, 2x Lebih Kencang, 2x Lebih Bandel. Sehingga saya dan suami masih bisa menunda membeli motor baru, dan tidak pusing bayar cicilan. Amin.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

30 komentar

komentar
21 Agustus 2017 09.12 delete

Ketika dibengkel resmipun federal oil menjadi salah satu produk oli yang ditawarkan cs bengkel. Jadi memang sdh diakui manfaatnya

Reply
avatar
21 Agustus 2017 09.21 delete

Ooo.. info bagus mas, ini biasanya di bengkel honda servisnya, jadi ditawarinnya oli dari merk Honda. Memang bagus ya federal oil, sekali pake langsung kerasa bedanya

Reply
avatar
21 Agustus 2017 09.30 delete

Wah, senang ya motornya sudah ketemu jodoh yang cocok :)

Reply
avatar
21 Agustus 2017 09.52 delete

Iya alhamdulillah mba, mau lem biru belum sanggup soalnya, hehe

Reply
avatar
21 Agustus 2017 13.56 delete

Pernah lihat sih penampakan federal oil. Tp hanya lihat bentuk fisiknya saja. Utk kegunaan dan fungsinya apalagi kualitasnya, ngga kpikiran utk cari tahu wkwkwk. Baru paham setelah baca tulisan ini wkwkwk

Reply
avatar
21 Agustus 2017 14.08 delete

Boleh juga nih coba federal matic buat motor saya. Biar tarikan makin kenceng

Reply
avatar
21 Agustus 2017 14.27 delete

Terimakadih infony bun... Harus coba jg nii

Reply
avatar
21 Agustus 2017 14.28 delete

Terima kasih infony bun... Bolehbdi coba nii

Reply
avatar
21 Agustus 2017 14.29 delete

Ternyata kekepoan emak2 terhadap keanehan motor pak suami berbuah manis ya. Pemilihan olipun suami jd ikut apa kata istri..hehehe

Reply
avatar
21 Agustus 2017 16.32 delete

Iya mba, saya juga baru tahu federal oil bikin mesin motor 2x lebih dingin, jadi lebih awet

Reply
avatar
21 Agustus 2017 16.33 delete

Ayo ah coba juga, semoga cocok juga buat motornya

Reply
avatar
21 Agustus 2017 16.33 delete

Sama-sama ayo coba juga federal oil

Reply
avatar
21 Agustus 2017 16.35 delete

Hehe.. daripada beli motor baru, uang belanja dikurangin sm pak suami nanti

Reply
avatar
21 Agustus 2017 18.50 delete

Kita pilih oli buat motor jangan sembarangan ya bun, kalo salah merek oli mudah encer dan bisa naik ke mesin ujung-ujungnya salah pilih oli jadi turun mesin motirnya #pengalaman pribadi

Reply
avatar
21 Agustus 2017 19.13 delete

Masak sih bun echi? Serem juga ya kalau sampai turun mesin. Jadi perhatian sama oli motor suami. Makasih infonya ya bun

Reply
avatar
21 Agustus 2017 19.13 delete

Masak sih bun echi? Serem juga ya kalau sampai turun mesin. Jadi perhatian sama oli motor suami. Makasih infonya ya bun

Reply
avatar
21 Agustus 2017 19.37 delete

Aku juga sebel denger suara motor yang berisik. Memang pilih oli yang berkualitas itu penting ya.

Reply
avatar
21 Agustus 2017 19.40 delete

Motor Honda Beat suamiku juga kalau servicenya selalu di bengkel resmi. Alhamdulillah masih gratis, kalau dirawat dan pemilihan oli tepat motor jadi awet ya..

Reply
avatar
21 Agustus 2017 19.47 delete

memang oli itu sangat berpengaruh kemesin, klo dah cocok, lari motornya bisa wuz...wuz

Reply
avatar
21 Agustus 2017 21.59 delete

wah pas banget ini untuk motor matic saya yg usianya sudah 5tahun. bisa makin mulus ni kalau pakr oli ini terus

Reply
avatar
22 Agustus 2017 10.50 delete

Iya mba leyla, ternyata oli ngaruh ke suara motor

Reply
avatar
22 Agustus 2017 10.51 delete

Berarti motornya masih baru ya mba. Bener pemilihan oli yang tepat bisa bikin motor awet

Reply
avatar
22 Agustus 2017 10.52 delete

Hahaha.. iya pakai federal oil, langsung kenceng lari motornya

Reply
avatar
22 Agustus 2017 10.53 delete

Iya mba, ayuk pakai federal matic biar awet motornya

Reply
avatar
22 Agustus 2017 13.52 delete

motor memang hrs rutin di bawa ke bengkel
dan yg penting mmg olinya hrs cocok
saya jg pemakai federal untuk motor matic

Reply
avatar
22 Agustus 2017 14.27 delete

Sudah lama pakai federal matic ya mba? Memang selain rutun servis berarti oli harus cocok ya. Alhamdulillah sama, cocoknya pakai federal matic

Reply
avatar
22 Agustus 2017 18.55 delete

Kata paksu : mau kemanapun kamu saya antar dengan motor eeea sik asik

Reply
avatar
22 Agustus 2017 20.23 delete

Nggak juga mpo, malah disuruh naik ojek onlen kalau pergi ke event, wkwkw..

Reply
avatar
22 Agustus 2017 20.27 delete

Nggak juga mpo, malah disuruh naik ojek onlen kalau pergi ke event, wkwkw..

Reply
avatar

Terima kasih sudah berkomentar dengan baik dan sopan. Kalau sempat, akan saya BW balik. Senang bisa saling berbagi informasi dengan anda. EmoticonEmoticon