Saat Fiksi Dan Penerbitan Buku Dikupas Habis

Sebenarnya saya agak ragu mengikuti Blogger Muslimah Meet Up pada hari Sabtu, 27 Agustus 2017, di Nutrifood. Saya malu tidak sanggup mengikuti program ODOP (One Day One Post), ditambah badan kurang fit. Belum lagi membayangkan kerepotan membawa anak pertama saya, Erin (5 thn), yang harus dibekali dengan berbagai permainan agar anteng. Pengen membatalkan, tapi penasaran datang karena belum pernah ikut pertemuan blogger muslimah.

Flyer Blogger Muslimah Meet Up

Akhirnya saya datang juga dengan sangat terlambat. Rasanya malu, karena sudah ditanyain di grup whatsapp sama mba Liswanti (baru sekali ketemu di acara blogger Soman), siapa saja yang belum datang? Saat itu saya masih dalam perjalanan di kereta api. Semoga next pertemuan Blogger Muslimah bisa datang in time. Amin.
Tapi pas sampai di Apartemen Square malah nyasar, naik ke lantai 2. Erin mulai ketakutan, toko-toko pada tutup, ada laundry dan apotek juga tutup. Erin sampai bilang serem ada hantu, akhirnya turun lagi ke bawah. Padahal udah dibimbing lewat whatsapp sama Echa, akhirnya ngikutin saran iecha cari satpam.

Alhamdulillah akhirnya ketemu dengan kantor Nutrifood Inspiring Center berkat petunjuk satpam. Dikutip dari artikel berjudul Tentang Nutrifood Inspiring Center,  ternyata Nutrifood Inspiring Center itu merupakan co-working space dengan nuansa healthy dan green. Diperuntukkan bagi para stakeholders, rekan media, komunitas, dan karyawan. Tempatnya memang enak buat acara, selain bersih, nyaman dan juga dihidangkan free drink.

Setelah naik ke lantai 2, tempat acara diselenggarakan. Surprise juga sewaktu tahu ternyata banyak blogger yang saya kenal, selain mba Liswanti yang datang ke acara ini. Saya bertemu dengan mba Lita Chan, mba Ria Buchari, mba Shine Fikri, dan lain-lain. Selain itu juga banyak teman FLP Jakarta yang hadir juga, yaitu mba Annisa, Echa, Asqa, mba Fisra, dan lain-lain. Setelah absen, saya mendapatkan gift souvenir dari She Collection, berupa souvenir berbentuk cupcake. 

Sepertinya saya melewatkan acara pembukaan dari Novia Syahidah, sebagai founder dari Blogger Muslimah yang berdiri pada tanggal 1 September 2014. Sayang saya terlambat, jadi tidak bisa ditulis tentang pembukaan dari Novia Syahidah. Setahu saya, Blogger Muslimah berdiri sebagai wadah komunitas para muslimah, agar bisa berbagi ilmu dan inspirasi dengan menulis blog.

Tips Menembus Dunia Penerbitan

Untungnya saya masih bisa mengikuti materi dari mba Rahmadiyanti Rusdi, salah satu senior di FLP yang sharing tentang penerbitan buku tentang Tips Menembus Dunia Penerbitan.


Tidak lupa, mba Rahmadiyanti juga menyinggung tentang trend buku digital yang sedang fenomenal, karena itu tidak bisa diabaikan oleh penulis. Berhubung saya tidak mendengarkan semua materi mba Rahmadiyanti Rusdi dari awal, maka saya hanya bisa menampilkan materi yang saya dapatkan di grup whatsapp.

Isi slide yang ditampilkan di acara

Selain itu mba Rahmadiyanti saat sesi tanya jawab, mengatakan minimal 3 halaman buku harus menarik dan harus punya komunitas agar bisa berbagi naskah dengan teman, untuk meminta komentar. Ya, seperti di komunitas Blogger Muslimah, kita bisa melakukan yang disarankan oleh mba Rahmadiyanti. Supaya para muslimah bisa mempunyai buku semua. Amin yra.

 Beauty Class by Viva Cosmetics

Siapa yang tidak kenal Viva Cosmetics? Bedak Viva yang di dalam plastik itu fenomenal sekali, dari zaman saya masih SD, juga sudah melihatnya. Iseng-iseng saya ngintip website Viva Cosmetics untuk melihat produknya, tidak disangka ternyata bedak plastik Viva itu masih ada sampai sekarang. Harganya juga tetap murah banget, cuma Rp. 1.1250,- Ya ampun, hari gini punya bedak segitu murah, rasanya seperti dapat rejeki nomplok. 

Viva Cosmetics biar harga produknya murah tapi nggak murahan. Website-nya pun menjual produk-produk kecantikan dengan harga yang terjangkau. Enaknya lagi, ada free ongkir bila membeli kosmetik dengan nominal Rp. 100.000,- Beda banget sama merek tetangga sebelah, yang harga jual produk kecantikannya menjulang tinggi. Pas deh, saat saya pengen merawat kecantikan, ketemu dengan produk Viva Cosmetics. Oya selain membeli produk kecantikan Viva di website-nya, kita juga bisa membeli di Gogobli lho. Sebagai toko online kesehatan dan kecantikan, Gogobli menjual produk kesehatan dan kecantikan secara online, sehingga kita tidak perlu datang ke apotik atau toko kosmetik untuk membeli produk-produk yang diinginkan.



Gambar dari www.vivacosmetics.com
 
Beauty Class by Viva Cosmetics, yang dipandu oleh tim kecantikan dari Viva Cosmetics. Sebelumnya Indah Agustiawati, menjelaskan tentang Viva Cosmetics dari sejarah berdirinya sampai sekarang. Yang penting kita ketahui sebagai muslimah, Viva Cosmetics itu sudah halal, karena mendapatkan sertifikat halal dari MUI. Jadi aman bila memakainya, tidak perlu merasa was-was mengandung babi atau bahan lain yang haram masuk ke dalam tubuh manusia.

Viva Cosmetics mulai diproduksi pada tahun 1962 di Surabaya yang kemudian berkembang menjadi PT. Vitapharm. Karyawan sangat diperhatikan oleh PT. Vitapharm, sebagai contoh pemberian penghargaan kepada karyawan yang sudah bekerja 15 tahun. Untuk memperluas pasar, Viva Cosmetics suka mengadakan demo kecantikan di berbagai organisasi. Selain itu Viva Cosmetics juga mendapatkan banyak penghargaan, salah satunya yang paling berkesan penghargaan dari BPOM.



Ternyata ibu Indah ini penulis juga, yang dibuktikan di buku katalog Viva Cosmetics. Agar buku katalog bisa bermanfaat di konsumen, sehingga tidak dibuang begitu saja, ibu Indah menjadikan buku katalog lebih komplit dengan memasukkan tips-tips kecantikan di dalamnya. Saya saja sampai terkagum membaca buku katalognya setelah pulang, ternyata semua yang dipelajari di beauty class ada semua di buku katalog.

Setelah penjelasan dari ibu Indah, Beauty Class by Viva Cosmetics pun dimulai. Senangnya, sudah tidak sabar belajar perawatan muka, apalagi usia udah di angka 3, harus mulai perhatian sama wajah. Belum lagi setelah itu juga belajar make up biar tahu caranya membuat muka terlihat lebih cantik dan segar. Pasti sepulang dari sini, suami bakalan kaget melihat istrinya yang full make-up, biasanya sih muka cuma nemplok bedak sama lipstik aja.

Saat Beauty Class by Viva Cosmetics mau dimulai Erin yang sudah berhasil dibujuk untuk duduk di belakang layar untuk menggambar, melihat bedak dan peralatan make up, eh malah duduk dan ingin ikut dimake-up. Beginilah kalau punya anak perempuan, maunya meniru ibunya terus.

Alhamdulillah, di Beauty Class by Viva Cosmetics kami diajarkan untuk merawat muka menggunakan produk kecantikan Viva. Memang kalau urusan muka dari dulu paling malas merawat. Tapi takut juga sih, usia sudah kepala 3, terbayang penuaan dini, kalau tidak dirawat takut kulit menjadi keriput dan timbul flek-flek hitam, oh nooo... Oya sebelum makeup, mari kita yel-yel dulu bareng Viva.

"Aku cantik, aku sehat, aku bahagia, muach..muach..muach."

Sebelum melakukan perawatan muka, kita harus mengenali jenis kulit terlebih dahulu. Saya merupakan kulit kombinasi. dengan begitu saya menggunakan produk Viva khusus untuk membersihkan kulit berminyak yaitu:

  • Viva Milk Cleanser Cucumber
  • Viva Astringent 
  • Viva Pelembap Green Tea

Dan untuk mengetahui langkah-langkah merawat kecantikan sampai merias wajah bisa dilihat berikut ini:

Beberapa Tips Yang Diajarkan Oleh Tim Kecantikan Viva Cosmetics
Asyiknya lagi Viva Cosmetics membagikan bingkisan berupa paket kosmetik kepada para peserta, beserta voucher 50 persen untuk perawatan muka dan produk kosmetik. Setelah saya dicek di website Viva Cosmetics, ternyata itu produk-produk keluaran terbaru Viva Cosmetics, surprise banget, secara belum pernah memakainya. Foundationnya juga bagus, mungkin karena harganya lumayan mahal dibandingkan dengan produk-produk Viva Cosmetics yang sudah familiar dengan saya. Namun produk Viva Cosmetics tetap lebih murah dibandingkan produk kecantikan merek lain yang sejenis.


Setelah selesai, kita istirahat untuk makan dan sholat. Wajah-wajah peserta terlihat pada berubah menjadi kinclong setelah menggunakan Viva Cosmetics, termasuk muka saya. Sekalian reunian sesama FLP Jakarta, saya menyempatkan diri berfoto dengan Echa dan Asqa.

Ini kalau nggak salah pakai kamera HP Echa, cantik kan?

Sementara para peserta sedang sholat, saya yang tidak sholat menikmati berbagai macam minuman gratis yang disediakan oleh Nutrifood Inspiring Center, dan bisa kita seduh sendiri seperti Bajigur, Latte, Teh, Milo dan lain-lain. Makanan pot luck yang dibawa peserta juga dimakan bersama, terasa banget suasananya kekeluargaan.

 Dasar-dasar Menulis

Saat sesi terakhir tentang Dasar-dasar Menulis fiksi oleh bunda novia syahidah, Erin mulai rewel minta pulang. Setelah dirayu agar mau menunggu agar acara selesai, Erin malah ketiduran. Alhamdulillah, emaknya bisa belajar fiksi dengan tenang.

Erin saking capeknya terlelap sampai ngorok

Banyak lho tips-tips menulis fiksi yang diutarakan oleh bunda Novia, walau sebenarnya inti menulis itu harus banyak latihan. Membangun konflik pun sangat penting, agar menarik pembaca, jadi harus dibangun dengan sangat tajam. Oya, bagi blogger seperti saya, sarannya lebih baik menulis artikel blog dengan user experience, sehingga lebih terasa sisi manusiawinya.

Orang biasanya beranggapan kalau menulis fiksi, kita hanya berkhayal, tidak usah meriset. Padahal dalam fiksi itu, tetap harus ada logika sehingga masuk akal. Selain itu cerita fiksi berbentuk cerpen dibedakan dengan novel. Dalam cerpen, lebih sedikit kata-katanya, yang bisa dibaca dalam sekali duduk. Cerpen sebaiknya jangan menggantung, karena nggak enak buat pembaca. Ceritanya juga harus padat, dan terkesan selesai. Sedangkan untuk novel, kata-kata lebih banyak, cerita lebih panjang sekitar 100 halaman, dan juga alur cerita cukup kompleks.

Dalam fiksi, penulis harus menguasai unsur intrinsik dan ekstrinsik yang saling melengkapi dan mempunyai sebab akibat. Tidak hanya sekedar muncul di cerita tapi tidak keterkaitannya dengan yang lain. Dan yang tidak kalah penting, penulis memang harus mencintai profesi menulis. Kata mba Novia, kalau tidak mau dibayar tidak mau menulis, maka cintanya harus dipertanyakan, hehe... Setelah cinta, penulis juga harus banyak membaca dan latihan agar tulisan semakin bagus.

Saya merasa nendang banget dengan point 'cinta menulis' ini. Rasanya saat ini saya kehilangan esensi menulis. Biasanya saya mudah untuk menulis, apalagi artikel blog. Tapi entah saya sedang dihinggapi virus malas menulis. Rasanya otak kosong, dan bingung apa yang akan diketik di laptop. Akhirnya reportase Blogger Muslimah Meet Up ini tidak kunjung saya tulis. Saya jadi mencoba meresapi arti kecintaan saya dalam menulis. Sebenarnya saya cinta atau tidak dalam menulis? Kalau cinta, berarti saya akan tetap menulis walau rasa malas menghinggapi. Saya kemudian insyaf, dan menulis artikel ini dengan dipaksakan. Alhamdulillah juga, akhirnya reportase ini bisa saya selesaikan.



Pembagian Hadiah

Setelah sesi dari mba Novia berakhir, lalu dimulai acara terakhir yaitu pembagian hadiah. Ini nih yang ditunggu-tunggu, bikin deg-degan. Dapat nggak ya hadiah? Biasa ibu-ibu suka mupeng sama barang gratisan. Alhamdulillah hadiah yang dibagikan banyak banget. Sepertinya hampir sebagian peserta yang mendapatkan hadiah. Sebenarnya yang bikin mupeng dari hadiah-hadiahnya menurut saya, khimar dari Margaw. Yang beruntung mendapatkannya mba Ria Buchari. Selamat yaaa... Sebagai salah satu Islamic Fashion E-commerce di Indonesia, Margaw mengusung khimar dan gamis dengan sentuhan yang kasual dan desain yang simpel.

Biar begitu, semuanya senang sekali, termasuk Erin, karena mendapatkan hadiah picture book. Kita juga foto-foto dulu semua. Semoga bisa barengan event Blogger Muslimah lagi ya. 

Ini fotonya dari grup whatsapp, postingan mba Liswanti
Acara pun selesai. Semoga Blogger Muslimah mengadakan berbagai acara lagi yang bisa menambah pengetahuan seputar dunia menulis. Bagi yang ingin bergabung dalam komunitas Blogger Muslimah bisa lho mendaftarkan dirinya melalui media sosial:

Blogger Muslimah Meet Up ini ternyata banyak sponsornya lho, sehingga bisa berjalan dengan lancar, dan memberikan banyak manfaat bagi para peserta. Ini dia sponsor-sponsornya :

  1. She Collection
  2. Margaw
  3. Viva Cosmetics
  4. Gogobli Indonesia
  5.  Nutrifood Inspiring Center

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

16 komentar

komentar
4 September 2017 16.21 delete

Habis suka banget sama Viva cosmetic, jadi pinter dandann

Reply
avatar
4 September 2017 17.35 delete

Alhamdulillah ya mba bisa hadir ^^

Reply
avatar
4 September 2017 17.44 delete

Acaranya alhamdulillah berkualitas y mb...

Reply
avatar
5 September 2017 12.46 delete

Iya alhamdulillah, jadi nambah kenalan juga

Reply
avatar
5 September 2017 12.47 delete

Alhamdulillah, semoga nanti ada acara lagi Blogger Muslimah

Reply
avatar
6 September 2017 11.27 delete

bundaa ovii, sedih gabisa ngobrol banyak waktu itu :(

Reply
avatar
8 September 2017 08.00 delete

wuih seru amat acaranya. topiknya penting tuh soal menembus dunia penerbitan! udh gitu sponsornya Viva pula yaa... aku tuh pencinta kosmetik lokal dan Viva salah satu favorit bgt. bbrp kali belanja kosmetik lewat websitenya Viva, murah meriah dan selalu dikasi bonus. ah pokonya love bgt deh!

Reply
avatar
8 September 2017 08.48 delete

Topik acaranya seru bgt ya mbak... Topik yang emang dibutuhin bangey nih ama para blogger kaya kita ini... Karena pasti pengen juga dong nerbitin buku sendiri...
Makasih share nya ya mbak... :)

Reply
avatar
8 September 2017 14.57 delete

Insya Allah nanti kita ketemuan lagi di event Blogger Muslimah yaa..:p bisa lanjut ngobrol

Reply
avatar
8 September 2017 14.58 delete

Hah? Baru tahu dapat bonus kalau beli di website Viva. Makasih mba, info nih. Jadi semangat mau beli di web

Reply
avatar
8 September 2017 15.00 delete

Iya mba natara, pasti mupeng juga mau punya buku. Apalagi mba natara pintar di kerajinan, bisa bikin buku tentang kerajinan felt

Reply
avatar
9 September 2017 02.00 delete

Paket lengkap bgt. Bnr2 event yg bermanfaat, tak sekedar mendapat ilmu dan informasi kepenulisan. Bahkan ada sesi make up class. Jd balance ya..
Btw..duhh paketnya banyak ya..sini lempar ke saya beberapanya
Hehehe

Reply
avatar
9 September 2017 05.37 delete

Seru ya acaranya, menambah wawasan penulisan sekaligus belajar mempercantik.

Reply
avatar
9 September 2017 08.17 delete

Wah oleh-olehnya idaman banget. Kosmetik bikin enak bling2.

Reply
avatar
11 September 2017 14.51 delete

Gak rugi ya mba meski harus nyasar-nyasar nyari lokasinya.. Hehehe

Reply
avatar

Terima kasih sudah berkomentar dengan baik dan sopan. Kalau sempat, akan saya BW balik. Senang bisa saling berbagi informasi dengan anda. EmoticonEmoticon