All Tags

Bakso Bonanza, Memenuhi Asupan Daging Si Buah Hati

5/16/2018

Kalau lagi stress, pengen makan bakso. Kalau lidah terasa pahit, pengen makan bakso. Kalau anak-anak lagi mogok makan, pada minta dimasakin bakso. Bakso, bakso dan bakso terus. Nggak ada habisnya. Tapi sayangnya banyak berita miring tentang bakso yang dijual di pasar. Bagusnya sih bikin bakso sendiri, tapi malah keluarga kurang suka. Padahal bakso daging sapi asli, buatan saya lebih higienis dibandingkan bakso di pasar.

Kekhawatiran Dalam Semangkuk Bakso

Dulu saat saya masih kecil, makan bakso itu merupakan sebuah kemewahan. Karena semangkuk bakso, harganya sangat mahal, dan uang jajan saya tidak cukup untuk membeli bakso. Sekarang setelah dewasa, harga bakso tidak semahal dulu. Apalagi saya mempunyai masukan dari menulis, di luar uang belanja jatah bulanan dari suami.

Sayangnya bakso yang banyak dijual, terasa sangat kenyal, banyak MSG, dan terasa tepungnya. Saya pernah sih membuat bakso sendiri beberapa kali, dengan membeli daging giling di Supermarket, tapi pastinya bentuk baksonya berantakan, dan tidak terlalu disukai di keluarga, karena MSG-nya kurang.


Bakso Sebagai Kuliner Indonesia


Kalau sudah begini saya suka bingung mau beli bakso di luar atau bikin sendiri. Dilema banget, di satu sisi suka bakso, tapi sisi lain mau beli tapi ketakutan. Apalagi sebagai kuliner Indonesia, yang sudah pasti banyak banget penggemarnya.

Sudah pada tahu kan? Bakso berasal dari Cina, yang kemudian akrab di lidah orang Indonesia. Dan dalam perkembangannya dibuat berbagai banyak jenis bakso dan olahan masakan bakso, seperti bakso beranak yang sangat fenomenal.

Pasti deh, sudah pada tahu, banyak sekali varian masakan berbahan dasar bakso, yang dijual dimana-mana.  Dan pastinya warung bakso selalu laris manis, dikunjungi pembeli. Mau tahu apa aja jenis varian masakannya? Ini contohnya: 
  • Bakso urat
  • Bakso tenis
  • Bakso gepeng
  • Bakso malang
  • Bakso Solo
  • Bakso Kerikil
  • Bakso Balungan
  • Bakso Unyil
  • Bakso Tahu Goreng
  • Bakso beranak

Bahaya Yang Mengintai Pada Bakso


Sebagai seorang ibu yang ingin selalu menjaga kesehatan keluarga, pasti deh sudah pernah mendengar, bahaya kesehatan yang mengintai bila mengkonsumsi bakso yang dibeli di luar. Selain masalah higienis, ini beberapa kekhawatiran saya, dalam membeli bakso, yaitu:

  • Formalin
  • Borax atau bleng
  • Terbuat dari daging tikus, ular atau kucing
  • MSG
  • Bakso yang dijual di temperatur ruang rawan tercemar bakteri, seperti bakteri salmonela, penyebab tyhpus, dan bakteri penyebab diare.
Untuk penjelasan terakhir, saya baru tahu, ternyata kenapa saya suka kena typhus setelah makan bakso, itu karena baksonya tercemar bakteri salmonela. Jadi sebaiknya bakso itu berada dalam keadaan beku sebelum dimasak. Tapi ini pastinya dihindari penjual bakso, karena kalau bakso selalu dalam keadaan beku, baksonya akan terasa seperti tepung. Karena tepung akan kering, keluar airnya bila bakso dalam keadaan beku.

Bonanza, Bakso Daging Sapi Asli


Lalu bagaimana caranya mendapatkan bakso daging sapi asli, yang sehat dan higienis ya? Pastinya dengan membuat sendiri di rumah. Tapi kadang sebagai ibu yang menyambil freelance, saya suka tidak sempat membuat bakso. Pengennya membeli aja biar praktis. Tapi beli bakso merek apa, yang terjamin kualitasnya?

Dengan mengikuti launching acara peluncuran bakso Bonanza pada tanggal 9 Mei 2018,  hari Rabu di Kolega x Markplus.  Saya jadi tahu ada bakso yang terbuat dari daging asli, yaitu bakso Bonanza. Komposisi daging sapi asli sebanyak 84 persen, selebihnya tepung dan bahan lain.



Rasanya, enak banget. sumpah. Saya sudah mencoba membuat sayur wortel dengan menggunakan bakso Bonanza tanpa penyedap dan rasanya enak, ternyata kaldu dari bakso Bonanza keluar ke air sayur. Dan pastinya anak-anak saya suka banget, lahap makan baksonya plus wortel.

Pentingnya Asupan Daging Sapi Setiap Hari

Sebagai orang Sumatra, sebenarnya keluarga saya dulu dominan masak daging, seperti rendang. Tapi sehubungan dengan bertambahnya usia, pola makan saya pun berubah, yang kemudian mempengaruhi menu masakan setiap hari di rumah. Saya jadi malas masak daging, dan lebih banyak masak makanan nusantara. Dan akhirnya berimbas ke anak saya, yang malas makan daging, dengan alasan suka nyelip di gigi.

Padahal anak-anak saya butuh asupan daging untuk tumbuh kembangnya, dan juga yang paling penting nutrisi untuk perkembangan otaknya. Menurut ibu  Emilia E. Achmadi, selaku Ahli Gizi, yang menjelaskan saat ini kebutuhan nutrisi yang berasal dari daging sapi bagi masyarakat Indonesia masih tinggi. Sebab berdasarkan keterangan Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukito, pada tahun 2017, konsumsi daging sapi Indonesia masih cukup rendah yakni 2,9 kg/kapita/tahun.

Ternyata menghindari konsumsi daging itu tidak baik juga ya. Karena ternyata daging sapi memiliki kandungan baik dan penting untuk menjaga metabolisme dalam sel tubuh, sebagai salah satu sumber protein yang merupakan komoditas bernilai tinggi.

Sekilas Tentang Perusahaan Great Giants Foods

Menariknya Great Giants Foods, satu grup dibawah naungan GUNUNG SEWU,  yang juga memproduksi susu Hometown ini. Dimana GUNUNG SEWU, ingin menjual daging sapi, dalam bentuk lain, selain daging sapi beku, yang sudah terlebih dahulu dijual di Supermarket.

Sehingga daging sapi, yang digunakan dalam Bonanza Beef Bakso, berasal dari peternakan sendiri. Saya yakin pastinya daging sapi tersebut terjamin kualitasnya.  Ternyata benar daging sapi ini dirawat dengan menerapkan: 
  1. Good Farming Practise
  2. Food Safety
  3. Good Manufacturing Practice
Menurut Ibu Dayu Ariasintawati, Managing Director PT. Great Giant Livestock, 
"Kami ingin memberikan konsumen alternatif bakso, makanan yang mudah untuk dimasak sendiri dan disajikan secara segar dari bakso murni daging sapi, tanpa tambahan-tambahan zat pengawet, karena masyarakat Indonesia berhak mendapatkan pilihan makanan yang baik dan berkualitas."


Harga Dan Supermarket Yang Menjual Bonanza

Jadi yakin kan dengan bakso Bonanza? Buat dapatin bakso Bonanza ini gampang banget lho, kita bisa beli di beberapa supermarket seperti Superindo, Farmers Market, Papaya, Lulu dan lain-lain. Buat harganya untuk ukuran 500 gram, berisi kurang lebih 30 bakso, dengan harga 85 ribu. 

Dan yang paling penting bakso ini halal karena sudah dalam sertifikat MUI dan dijamin kesehatannya dengan nomor BPOM. Sehingga anak-anak serta anggota keluarga lain, bisa terpenuhi asupan daging sapi dengan enak, sehat, aman dan halal. 










You Might Also Like

17 komentar

  1. emang enak ini bakso bonanza, anak anak aku suka banget. aku udah restock buat ramadhan ini. biar lebih semangat lagi puasanya hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama hehe, lumayan ya stock bonanza buat puasa, hemat

      Hapus
  2. Wah bakso bonanza bisa jadi menu alternatif tanpa harus mengurangi kandungan gizi daging sapi ya mom. �� Soalnya anakku suka bgt sama bakso bonanza nambah terus. Klo ky begini amaaannnn hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya alhamdulillah, aman ya baksonya. memang enak nih dan bagus dikonsumsi, karena tidak ada pengawet

      Hapus
  3. Baksonya ga bikin eneg & khawatir.. Berasa pula dagingnya.. Baru kali ini sy brani nyetok byk.. 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. berasa banget dagingnya ya, enak di lidah, ini mah makan sayur jadi enak sm.Bonanza

      Hapus
  4. Duh baksonya menggoda banget bun. Huhuu

    BalasHapus
  5. Nah ketauan yah kalo baksonya banyak tepung ga bisa di bekukan. Jadi kalo bakso Bonanza aman kan lama didalam frezzer.

    BalasHapus
  6. Saya termasuk penggemar daging olahan ini. Tekstur dan bentuknya saja sudah menggugah selera. Apalagi rasanya ya

    BalasHapus
  7. Bakso dipasaran emang jadi meragukan ya kalo kita ga waspada dan cermat memilihnya. Beruntung ada Bonanza Beef Bakso yang terjamin terbuat dari daging sapi asli dan tanpa tambahan lain seperti pengawet atau pengenyal. Rasanya tentu lebih lezat dan sehat.

    BalasHapus
  8. Wah Bonanza itu sudah terkenal beef nya empuk. Berarti baksonya jg istimewa dunk karena terbuat Dr daging sapi bonanza

    BalasHapus
  9. Baca ini soal bakso jadi ngiler tau ,, nanti buka pake ini ah

    BalasHapus
  10. Baksonya lezat. Yg terpenting, rasa daging sapinya beneran.

    BalasHapus
  11. Hah serius bun bisa kena thypus karena salah proses masak bakso? Berarti ambil dari kulkas terus langsung direbus?

    BalasHapus
  12. Pengen bgt nemuin bakso bonanza ini tp sampai skrg blm.ketemu juga dijual dimana. Penasaran sama rasanya

    BalasHapus
  13. Wah salah makan bakso bisa berujung thypus ya. Ngeri jugabkalau asal makan bakso. Kudu bener2 milih bakso yang sehat kek bakso Bonanza ini ya

    BalasHapus
  14. baksonya enak mba, aku suka deh. dibikin capcay, ditumis, sampai dikuahin juga lezat

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkomentar dengan baik dan sopan. Kalau sempat, akan saya BW balik. Senang bisa saling berbagi informasi dengan anda.

Communities

Image result for blogger perempuan

Image result for logo blogger crony

Communities

Image result for kumpulan emak blogger

Image result for blomil

Related image