Review HUKI, Minyak Telon Halal, Andalan Buat Anak Selama Mudik

Mempunyai anak berusia 2 tahun dan 6 tahun itu, merupakan masa-masa yang indah menurut saya. Karena mereka masih sangat lengket dengan ibunya, apalagi kalau sudah bersaing mendapatkan perhatian ibunya, saya merasa menjadi orang yang paling penting. Begitu pula kalau sedang sakit, mereka juga berebut minta perhatian saya. Yang pusing, bila mereka masuk angin barengan, menjadi rewel selama di jalan. Karena itu saya perlu menyiapkan minyak kayu putih dan minyak telon halal, buat mudik nyaman bersama anak. 

(Anak pertama saya dan sepupunya senang dioleskan Minyak Kayu Putih HUKI)

Memang sih, saya ibarat kata seperti orang yang sudah tidak mempunyai kampung. Semua saudara dekat ada di Jakarta, di kampung, Bukit Tinggi, Sumatera Barat, tinggal saudara jauh saja. Maunya mudik ke kampung suami, tapi berhubung kampungnya dekat Jakarta, jadinya mudik setelah lebaran saja. Sehingga saya sekarang masih santai di Jakarta, berlebaran dengan keluarga besar orang tua, baru hari kedua atau ketiga menunggu diajakin mudik oleh saudara suami, untuk ke kampung suami di Pandeglang. 

Bekal Perjalanan Mudik

Sudah tahu kan, kalau mudik membawa anak kecil itu harus serba lengkap, agar mudik nyaman dengan anak. Pastinya sebelum mudik, semua perlengkapan sudah harus disiapkan jauh-jauh hari. Jangan sampai ada yang kelupaan, karena bisa bahaya di jalan. Seperti apa saja yang harus dibawa? 
  • Baju dan celana beserta pakaian dalam. 
  • Diapers. 
  • Makanan dan camilan. 
  • Minuman. 
  • Mainan. 
  • Obat-obatan dan vitamin. 
  • Minyak kayu putih dan minyak telon halal
  • Dan lain-lain                                                                              

Teknik Memijat Bayi Dan Anak 

Si Adik yang sekarang berusia 2 tahun, memang suka sekali dipijat. Kadang sampai tidak mau berhenti dan terus minta dipijat. Saya senang saja sih, karena memang selama perjalanan, dengan mengoleskan minyak telon halal dan minyak kayu putih halal secara teratur maka bayi dan anak akan terbebas dari masuk angin. Apalagi disertai dengan pemijatan agar badan anak terbebas dari pegal-pegal, maka itu akan lebih baik. 

Berhubung selama ini saya memijat hanya berdasarkan perasaan alias feeling, dan tidak pernah mendapatkan pelajaran tentang memijat. Saya bersyukur pada hari Sabtu kemarin, 9 Juni 2018 di Ashley Hotel, saya mendapatkan undangan Blogger Gathering bersama Baby Huki 'Lebih Hangat Dan Nyaman Dengan Yang Halal.'

Di acara yang dipandu oleh MC Yozh Aditya ini, kami para moms blogger diajarkan cara memijat bayi dengan menggunakan minyak telon HUKI, oleh Arina Fisioterapis Brawijaya Hospital Antasari.

(Salah seorang blogger sedang mempraktekkan cara memijat bayi)

Alhamdulillah, akhirnya belajar memijat juga secara teori. Untuk memijat bayi, menurut Arina, dilakukan dengan cara:

Bagian Dada 
  • Love Motion, yaitu gerakan tangan membentuk gambar hati dengan dua jari mulai dari ulu hati ke mengarah ke bahu atas kembali ke ulu hati. Ulangi gerakan sebanyak 3 kali. 
  • Bagian Dada Cross, yaitu gerakan dari bawah ke atas bahu kemudian bersilangan sisi lainnya.

Bagian Perut
  • I Love U, yaitu gerakan pijat membentuk huruf I, L dan U dimulai dari sebelah kiri. Lakukan sebanyak 3 kali.
  • Bagian Perut, Walking Finger yaitu lakukan tap dengan 3 jari searah dengan usus besar dari bagian kanan ke bagian kiri bayi.

Bagian Lengan Tangan
  • Milking atau memerah, yaitu mulai dari bagian atas kearah bawah kemudian naik ke atas lagi. Ulangi sebanyak 3 kali.
  • Rolling atau memutar, yaitu gerakan memutar dengan 2 tangan, dari pangkal lengan sampai ke pergelangan tangan. 
  • Finger shake, yaitu gerakan memijat jari satu persatu dari pangkal jari ke ujung jari.

Bagian Tungkai Kaki
  • Milking atau memerah, yaitu yaitu gerakan dimulai dari atas ke arah pergelangan kaki, kemudian naik lagi ke arah pangkal paha. 
  • Squeezing, yaitu gerakan memutar atau sirkuler dengan satu tangan memutar dari pangkal ke arah pergelangan kaki. Fungsinya untuk menguatkan otot-otot besar di tungkai.
  • Finger Shake, yaitu gerakan memijat jari satu persatu dari pangkal jari ke ujung jari.

Bagian Punggung
  • Love Motion, yaitu gerakan membentuk hati dimulai dari bagian tengah punggun ke arah bahu kemudia kembali ke arah tengah punggung.
  • Gerakan Spiral, yaitu gerakan dari bawah leher dengan gerakan memutar sepanjang tulang belakang sampai ke arah bokong bayi.
  • Menggaruk, yaitu gerakan dari bawah leher turun sepanjang punggung, pinggang sampai ke arah bokong. 

Banyak hal yang saya pelajari dalam memijat, ternyata memang ada tekniknya. Ada ketentuannya, seperti menurut dokter Spesialis Rehab Medik Brawijaya Hospital Antasari, dr. Amendi Nasution, SpKFR (K) yaitu :

  • Memijat itu sebaiknya ke arah jantung
  • Memijat dilakukan sebaiknya saat perut anak dalam keadaan kosong
  • Memijat lebih baik dilakukan oleh ibunya, karena dapat menguatkan bonding dengan anak
  • Jangan memijat tulang punggung anak, karena akan berpengaruh pada perkembangan anak 
  • Bila mau memijat cuci tangan dan lepaskan perhiasan yang melekat di tangan, karena khawatir akan menyakit bayi
  • Memijat dalam keadaan bayi sedang fit dan good mood


(dr. Amendi menerangkan teknik memijat bayi)

Zata Ligouw dan Kania Safitri, sebagai influencers diminta untuk memberikan pengalaman selama ini dalam memijat anak. Ternyata kalau Kania Safitri, memang rajin memijat anaknya, sehingga anaknya suka dipijat. Kalau Zata Ligouw, dengan jujur mengakui yang paling suka memijat anak itu suaminya. Jadi anak kedua influencers ini memang suka dipijat.

(Mba Kania Safitri dan mba Zata Ligouw, picture taken by Anisa Deasty)


Trus usia berapa sih sebenarnya waktu yang tepat buat mengganti penggunaan minyak telon bayi ke minyak kayu putih yang bagus pada anak? Karena kadang saya setelah bayi sudah menginjak umur 1 tahun, suka menggunakan minyak kayu putih saat persediaan minyak telon yang bagus sedang habis.

(Minyak Telon HUKI dan Minyak Kayu Putih HUKI)

Ternyata menurut Risa Trisanti, Marketing Manager Baby HUKI, minyak telon HUKI itu digunakan dari anak berusia 0 bulan sampai 3 tahun. Bila anak sudah berusia 3 tahun keatas barulah menggunakan minyak kayu putih HUKI. Baru tahu saya, ternyata saya terlalu cepat menggunakan minyak kayu putih anak, dan ini tidak bagus, khawatir kulit anak yang lembut dan sensitif, tidak siap menerima minyak kayu putih. 

Cara Mencegah Bayi Dan Anak Dari Masuk Angin

Dulu saat bayi, si kakak suka mengalami masuk angin dan pijat bayi di dukun beranak, menggunakan minyak pijat bayi. Selain itu juga dikerok dengan menggunakan bawang. Sebagai ibu baru, dan mengikuti saran tetangga, saya selalu mengurut si kakak sama dukun beranak, yang rumahnya dekat dari rumah.

(Kedua anak saya dan sepupunya menggunakan Minyak Telon HUKI dan Minyak Kayu Putih HUKI)

Kadang suka sedih melihat bayi kita diurut oleh dukun beranak, sambil menangis jerit-jeritan, tapi mau gimana lagi, saya suka takut kalau bayi kembung yang biasanya akan disusul dengan diare dan muntah. Apalagi anak-anak saya tidak terbiasa meminum obat masuk angin anak. Kalau sudah begitu, biasanya bayi beresiko dehidrasi, yang berujung ke kematian bila tidak segera ditangani dokter. Dan ini pernah saya alami saat si kakak berumur 2 tahun, terkena gejala dehidrasi dan segera dilarikan ke rumah sakit.

Memang lebih baik mencegah daripada mengobati, ini berlaku bagi setiap ibu. Saya pun begitu, dengan teratur mengoleskan minyak telon halal dan minyak kayu putih halal kepada anak saya, maka mereka terbebas dari masuk angin, terutama dalam perjalanan. Tapi masalahnya untuk memijat biasanya kan pakai baby oil, lalu setelah dipijat dioleskan kembali minyak telon. Saya agak merasa boros untuk membeli keduanya, kadang kalau bokek, saya memakai minyak goreng di dapur, hehe.. 

Beruntung sekarang ada minyak telon HUKI, yang bisa menghangatkan sekaligus bagus untuk memijat. Jadi saya hanya membeli minyak telon, tanpa harus membeli baby oil. Kandungan Oleum Cocos (minyak kelapa) dalam minyak telon sebagai pelicin, memang membuat memijat jadi mudah.

(Minyak Kayu Putih HUKI dan Minyak Telon HUKI)

Saya pernah nih mencoba membuat minyak kelapa, dengan membeli santan dan memasaknya di penggorengan. Dibiarkan saja santannya saat mendidih, nanti lama kelamaan santan akan surut dan menjadi minyak. Tapi memang lebih praktis dan murahan beli sih, tahu kan santan itu mahal, belum lagi ditambah gas sama lamanya waktu masak. Mending saya beli minyak telon hangat HUKI aja, bisa menghemat waktu dan uang pastinya.  

Sedangkan pada minyak kayu putih HUKI, selain menghangatkan badan dan mencegah kembung, ternyata juga bisa untuk mencegah gigitan serangga seperti nyamuk. Yah, dalam perjalanan bisa saja anak terkena nyamuk atau gigitan serangga lainnya. Jangan sampai anak menjadi rewel dan kulitnya bentol-bentol karena gigitan serangga. Dengan kandungan Sineol, kulit anak aman dari gigitan serangga, memang minyak kayu putih yang bagus seperti HUKI, pas banget buat ibu hemat seperti saya. Tidak usah lagi membeli lotion anti nyamuk untuk anak.

Praktek Memijat Anak

Biasanya ilmu kalau tidak segera dipraktekkan pasti deh cepat lupa, makanya saya mempraktekkan teknik memijat dari Arina, kepada kedua anak saya, agar travelling dengan anak menjadi nyaman.

Sayang untuk memijat di mobil selama mudik, memang agak susah diterapkan apalagi untuk si adik. Kondisi cuaca panas, si kecil yang moody, macet, dan bayi kurang fit dan faktor lainnya mempengaruhi dalam memijat anak. Kalau si kecil memang sedang tidak merasa nyaman untuk dipijat, lebih baik tidak dipaksakan.

(Si kecil sedang bad mood, kurang suka dipijat)

(Si kakak dan adik sepupunya yang minta dipijat)


Bagian Dada

(Love Motion)

(Cross)

Bagian Perut

(I love U)

(Walking Finger)

Bagian Tangan

(Milking/Memerah)

(Rolling/Memutar)

(Finger Shake)

Bagian Tungkai Kaki

(Milking/Memerah)

(Squeezing/Memeras)

(Finger Shake)

Bagian Punggung

(Love Motion)

(Gerakan Spiral/Memeras)

(Menggaruk)

 Minyak Kayu Putih Dan Minyak Telon Halal Huki

Kenapa saya memilih minyak kayu putih dan minyak telon HUKI, dibandingkan minyak telon yang murah dan minyak kayu putih yang murah lainnya? 
  • HALAL, sudah mendapatkan sertifikat MUI. Sebagai muslimah, pastinya memilih barang halal menjadi prioritas. Kalau ada yang halal, kenapa harus beli yang tidak ada jaminan halalnya? Terlebih lagi kalau dalam kondisi travelling dengan anak, suka lupa mengoleskan minyak telon tapi dalam keadaan berwudhu, jadi tidak usah mengulang wudhu lagi. 
  • Kehangatannya sudah sesuai untuk kulit bayi dan anak. Untuk bayi 0 bulan sampai anak 3 tahun menggunakan minyak telon, sedangkan untuk anak 3 tahun keatas menggunakan minyak kayu putih.
  • Teksturnya pas untuk dioleskan di badan bayi atau anak. 
(Petunjuk di bagian belakang botol Minyak Telon HUKI)

  • Untuk memijat bayi, lebih hemat menggunakan minyak telon HUKI yang berfungsi 2 in 1, minyak telon HUKI selain menghangatkan, juga bisa untuk memijat.
  • Kemasannya anti tumpah dan praktis nutupnya.
(Tutup botol Minyak Telon HUKI yang praktis)


Bagaimana memilih ukuran minyak telon dan kayu putih yang sesuai dengan kebutuhan? Bagi saya ukuran itu harus disesuaikan dengan keperluan, yaitu : 
  • Kecil, ukuran 30 ml. Pas untuk perjalanan singkat dalam satu hari. Sehingga praktis ditaruh dalam tas.
  • Sedang, ukuran 60 ml. Untuk persediaan di rumah
  • Besar, ukuran 125 ml untuk perjalanan jauh atau mudik, karena takut kalau habis, dan terjebak kemacetan susah beli di jalan.
(Varian Ukuran Minyak Kayu Putih HUKI dan Minyak Telon HUKI)
Lalu membelinya dimana? Gampang ditemukan dimana-mana, seperti minimarket. Kalau takut cepat habis, beli dalam jumlah banyak saja, karena pasti kepake kan. Nah, selain minyak telon dan minyak kayu putih, buat mengetahui produk bayi HUKI halal lainnya, bisa mengunjungi www.babyhuki.com

Pijat Bayi Di Rumah Sakit Brawijaya

Selain memijat sendiri, kita bisa juga mempercayakan pemijatan bayi dan anak ke pihak lain, seperti rumah sakit Brawijaya. Sebelum mudik dan sesudah mudik, bisa tuh bayi dan anak dipijat, agar pegal-pegal bayi dan anak hilang. Dan juga bisa menjadi obat kembung bayi dan anak. 

Kenapa Brawijaya? Karena di rumah sakit ini pemijatnya bukan orang sembarangan tapi ahli terapis yang sudah mendapatkan pendidikan sesuai bidangnya. Sehingga mijatnya sudah mengetahui bagian-bagian yang bisa dipijat juga manfaatnya, yaitu :
  • Mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil 
  • Merangsang semua sistem sensorik dan motorik untuk pertumbuhan otak si kecil
  • Membentuk kecerdasan dan perkembangan fungsi pada si kecil sesuai tahapan usianya

Gimana? Sudah jelaskan cara memijat bayi? Jangan lupa gunakan minyak telon HUKI dan minyak kayu putih HUKI ya!

Facebook : https://www.facebook.com/BabyHukiOfficial
Instagram : https://www.instagram.com/BabyHukiOfficial


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

7 komentar

komentar
21 Juni 2018 19.34 delete

Aduh foto nya Erin sedang tersenyum saat di pijat. Asik ya. Tidak kembung lagi

Reply
avatar
22 Juni 2018 03.20 delete

Janganlan usia anak, Kita saja juga rentan terkena masuk angin kalau bepergian. Memijat yg benar ternyata ada teknik2nya ya..patut di ketahui oleh para bunda nih

Reply
avatar
22 Juni 2018 05.38 delete

Wah makasih infonya ya mbak. Pas banget abis mudik bisa pijat SID. Dia capek mudik lewat jalur darat.

Reply
avatar
22 Juni 2018 05.55 delete

Asiknya dipijat. Orang dewasa aja suka, apalagi anak2 ya.

Reply
avatar
22 Juni 2018 11.12 delete

Itu si kaka kesenengan banget ya dipijat ibunya, apalagi pake minyak kayu putih yg bikin hangat. Aku baru tau nih kalo Huki ngeluarin produk minyak kayu putih dan minyak telon.

Reply
avatar
23 Juni 2018 07.29 delete

Wah huki juga ada minyak kayu putihnya ya. Anak2 udah pada gede, udah ga cucok pakai minyak telon, kayu putih aja yg lebih hangat

Reply
avatar
23 Juni 2018 16.16 delete

Mirip bangettt wajahnya hihihi si dede keliatan happy banget di pijat yaaa mba

Reply
avatar

Terima kasih sudah berkomentar dengan baik dan sopan. Kalau sempat, akan saya BW balik. Senang bisa saling berbagi informasi dengan anda. EmoticonEmoticon